Terumbu Karang



Terumbu Karang 💫💫💫




Terumbu Karang merupakan suatu ekosistem yang terdiri dari bangunan ribuan karang yang menjadi tempat hidup berbagai ikan dan makhluk laut lainnya. 
Bisa di ibaratkan terumbu karang itu sebagai sebuah negara yang sangat sibuk, bangunan yang berwarna-warni di ibaratkan sebagai kota-kota yg terdiri dari karang-karang, dengan ikan-ikan dan makhluk laut sebagai penghuninya.

nah, klu karang itu opo toh ya

Karang yang hidup di laut, secara kasat mata seperti batuan atau tanaman. Tetapi, mereka sebenarnya adalah sekumpulan hewan-hewan kecil yang dinamakan POLIP.



Karang memiliki dua macam , yaitu 
KARANG BATU (hard corals) dan karang lunak (soft corals). 
Karang batu merupakan karang pembentuk terumbu karena tubuhnya yang keras seperti batu. Kerangkanya terbuat dari kalsium karbonat atau zat kapur. Karang baru bekerja sama dengan alga yang disebut zooxanthellae. Karang batu hanya hidup di perairan dangkal dimana sinar matahari masih didapatkan. 
KARANG LUNAK bentuknya seperti tanaman dan tidak bekerja sama dengan alga. Karang lunak dapat hidup baik di perairan dangkal maupun di perairan dalam yang gelap.

Apakah polip itu?

Polip karang bentuknya seperti sebuah karung dan memiliki tangan-tangan yang dinamakan tentakel. Polip menyerap kalsium karbonat dari air laut untuk membangun rangka luar zat kapur yang dapat melindungi tubuh polip yang sangat lembut.









MANFAAT TERUMBU KARANG :


Secara langsung :
Dapat langsung di manfaatkan oleh manusia sebagai tempat sumber daya ikan, Pariwisata, penelitian dan pemanfaatan lainnya






Tdk langsung
Berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, keanekaragaman hayati dan lainnya.



Sebagai bangsa Indonesia sepatutnya kita berbangga karena terumbu karang yang kita miliki merupakan salah satu yang terbesar di DUNIA. Kita memiliki lebih dari 60.000 km2 yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.
Dalam perkembangannya kondisi terumbu karang di Indonesia maupun dunia saat ini mengalami kerusakan yang parah, sehingga di perlukan perhatian dan solusi untuk perbaikannya.





Sumber :
Tentang Terumbu Karang | Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI)

Komentar

Postingan Populer