Ikan hias air laut






Ikan hias air laut adalah jenis ikan di laut yang dipelihara tidak untuk konsumsi melainkan untuk mempercantik atau memperindah dalam rumah/kantor/hotel. Pesona panorama bawah laut yang luar biasa, seringkali menjadi alasan untuk sebagian orang untuk melihat/memilikinya secara pribadi sehingga mereka rela menghabiskan uang banyak untuk menyelam dan menikmatinya. Kini, kemajuan teknologi memungkinkan orang untuk menikmati panorama air laut di dalam ruangan. Kehadiran ikan hias di dalam rumah atau ruangan modern dapat menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang padat. Ikan-ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan. Hampir 75% pasokan ikan hias air laut di dunia berasal dari Indonesia dan sebagian telah diekspor ke berbagai negara di dunia.
Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang perawatan rutin yang dilakukan untuk aquarium air laut.
1. Jumlah ikan

Ingatlah berapa banyak ikan yang anda pelihara didalam aquarium anda, kalau perlu buatlah daftar nama, dan jumlahnya supaya anda tidak lupa. Tujuannya adalah, disaat anda memberikan makanan, lihatlah apakah ikannya lengkap atau tidak. Misalkan ada yang kurang, segera cari, mungkin sedang bersembunyi atau ikannya mati. Jika ikannya mati, segera angkat dan buang. Supaya tidak membusuk didalam aquarium dan menyebabkan airnya jadi bau dan itu bisa menyebabkan kematian bagi ikan-ikan yang lain.

2. Penambahan air

Biasanya air didalam aquarium akan berkurang dengan sendirinya karena penguapan. Sebelum kita menambahkan air, alangkah baiknya cek dulu kadar garamnya. Jika kadar garamnya naik, cukup tambahkan air tawar kedalamnya, akan tetapi jika kadar garamnya turun, tambahkan air laut sampai penuh kembali.

3. Kualitas air

Jika anda memelihara ikan dan anemon atau tanaman air laut, cek kadar PH, suhu, dan kadar garamnya secara berkala. Misalnya setiap satu minggu atau dua minggu. Untuk tanaman atau anemon laut, biasanya suhu dibawah 25°. Tapi jika hanya memelihara ikan saja, suhu standar diangka 28°-30° celcius.

4. Penggantian air

Penggantian air ada dua tahap, yaitu penggantian air sebagian dan penggantian air total. Penggantian air sebagian biasanya dilakukan selama 2 bulan sekali sebanyak 30% dari total volume aquarium anda. Penggantian air total biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Tujuannya supaya air tetap sehat, dan membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh filter. Serta menjamin ketersediaan plankton untuk suplai makanan para anemon didalam aquarium.

5. Pencucian media filter

Lakukan pencucian media filter setiap satu atau dua bulan sekali. Dan lakukan penggantian media jika memang sudah tidak memungkinkan untuk dipakai lagi.

6. Membersihkan kaca

Jangan lupa untuk membersihkan kaca dari lumut yang menempel atau embun yang ditimbulkan karena suhu air yang dingin. Tujuannya supaya kaca tetap bersih dan pemandangan didalamnya pun dapat dinikmati dengan maksimal.

Nah, itulah sedikit tips perawatan untuk aquarium ikan laut. Semoga bisa berguna bagi anda yang sedang ingin menelihara ikan hias air laut maupun sudah memilikinya.
Sumber :
http://ferboes.com/category/ikan-hias-air-laut/
kan hias yang akan di paparkan disini adalah jenis ikan air asin yang hidup di laut, kita semua ketahui bahwa ikan yang hidup di air laut lebih beraneka ragam mulai dari bentuk dan ukuran dibandingkan ikan di air tawar seperti sungai, danau, kolam dan sebagainya.
Sebetulnya masih banyak ikan laut yang memiliki kecantikan luar biasa diluar apa yang ada dalam postingan ini, disini hanyalah sebagian saja yang tercantik menurut infounik.org.

10 Gambar Ikan Hias Cantik

1. Mandarinfish
1. Ikan Hias Mandarinfish
Ikan hias yang satu ini disebut juga Mandarin dragonet dengan ukuran kecil dan berwarna cerah, ini mungkin ikan yang paling berwarna warni di dunia. Mandarinfish ini berasal dari Pasifik mulai dari kepulauan Ryukyu selatan sampai Australia.
2. Juvenile Emporer Angel Fish
2. Ikan Hias Juvenile Emporer Angel Fish
Ikan hias ini sangatlah terkenal oleh para penyelam, ikan yang masih muda inilah yang paling menarik dengan warna biru tua dan biru listrik terdapat juga warna putih melingkar. Sedangkan ikan dewasanya memiliki warna garis-garis kuning, hitam dan biru disekitar mata. Ikan hias ini membutuhkan waktu sekitar 4 tahun agar dewasa dan tumbuh hingga 40 cm panjangnya.
3. Lion Fish
3. Ikan Hias  Lion Fish
Lionfish adalah salah satu ikan hias yang paling berbisa di dasar laut. Ikan ini memiliki duri yang berbisa disekitar punggungnnya yang berguna untuk pertahanan. Namun, Duri ini biasanya tidak terlalu fatal bagi manusia, tetapi orang yang terkena sengatan duri ini akan mengalami sakit yang luar biasa, dan mungkin muntah2, sakit kepala, dan sesak napas. Terlepas daripada itu ikan ini adalah ikan yang indah dan berwarna-warni.
4. Clown Trigger Fish
4. Ikan Hias Clown Trigger Fish
Triggerfishes dimana terdapat sekitar 40 species yang pada umumnya berwarna cerah. Memiliki garis dan bintik-bintik, dan habitatnya yaitu di pesisir, terutama terumbu karang, yang terdapat di laut tropis dan subtropis di seluruh dunia, dengan memiliki kekayaan terbesar di perairan Indo-Pasifik. Clown trigger fish ini memiliki warna dan desai yang sangat menakjubkan.
5. Nudibranch
5. Ikan Hias Nudibranch
Nudibanch atau yang kita kenal dengan siput laut. Walaupun siput ini bukan termasuk jenis ikan tetapi merupakan makhluk hidup yang hidup dilaut yang memiliki warna yang paling beranekaragam di bumi.
6. Symphysodon
6. Ikan Hias  Symphysodon
Ikan hias ini memiliki warna dalam nuansa hijau, coklat, merah, dan biru. Tingginya bisa mencapai 20cm dan panjang 25 cm.
7. Mantis Shrimp
Ikan Hias  Mantis Shrimp
Ikan hias ini termasuk jenis udang yang memiliki berbagai warna dari nuansa warna neon kecoklatan yang terang. Habitatnya di laut dangka;, tropis, dan sub-tropis yang menghabiskan hidupnya berada di bebatuan dan lubang-lubang.
8. Moorish Idol
8. Ikan hias Moorish Idol
Ikan hias ini termasuk ikan yang aquarium air asin yang sangat mahal. Memiliki pita hitam yang kontras, putih dan kuning yang membuat ikan Mooris terlihat sangat menarik dan menjadi Idola para pecinta ikan hias.
9. Clownfish
9. Ikan hias Clownfish
Ikan hias Clownfish ini dikenal juga dengan nama Anemonefish, pada umumnya ikan ini berwarna kuning/oranye dengan garis putih dengan lapisan hitam sepanjang sirip. Ikan ini bisa tumbuh dengan panjang mencapai 18 cm sedangkan yang terkecil panjangnya 10 cm.
10. Rainbow Parrot Fish
10. Ikan hias Rainbow Parrot Fish
Dinamakan Rainbow parrot fish karena mulutnya mirip burung. Ikan hias ini menggunakan mulutnya untuk menghancurkan dan memakan invertebrata kecil yang hidup di karang-karang. Pada sebagian species ikan ini pada fase lanjutnya berwarna merah kusam, abu-bu atau coklat. Sedangkan fase terminal yaitu hijau atau biru dengan bercak kuning dan merah yang cerah.

Komentar

Postingan Populer