BUKU GURAME *Karya Ragha A Putra dkk... ^_^



Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) hingga saat ini masih merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi. Ikan gurami memiliki rasa daging yang enak dan berprotein tinggi sehingga banyak masyarakat yang menyukainya. Walaupun masih belum merupakan komoditas ekspor, permintaan pasar domestik akan ikan ini cenderung semakin meningkat baik berupa telur, benih maupun ikan ukuran konsumsi.



Usaha  budidaya ikan gurami memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan jenis ikan budidaya lainnya seperti ikan mas, nila, patin, lele dan sebagainya.  Ikan gurami ditinjau dari segi pertumbuhan memang membutuhkan waktu yang relatif cukup lama dan modal yang besar.  Namun, untung yang bisa diraup juga lebih menjanjikan pada setiap jenis kegiatan budidaya seperti pembenihan, pendederan hingga pembesaran.  Dengan kata lain prospek usaha budiday ikan gurami cukup cerah. 


Di dalam buku ini, akan dipaparkan mengenai bagaimana teknik yang tepat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) mulai dari persiapan wadah budidaya, seleksi induk yang berkualitas, penanganan pemijahan, penanganan telur hingga teknik kendali mutu pemeliharaan larva. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis dalam kegiatan magang kewirausahaan (MKU) program pengembangan budaya kewirausahaan Direktorat pendidikan tinggi (Dikti), Departemen Pendidikan Nasional. Melalui buku ini penulis berkesempatan untuk mengamalkan segala pengetahuan dan pengalaman yang penullis peroleh.

Meskipun telah berusaha disusun dengan sempurna agar mudah dipahami para pembaca, penulis menyadari adanya ketidaksempurnaan pada buku ini. Oleh karena itu, segala saran dan kritik untuk dijadikan acuan dalam karya-karya penulis yang akan datang. Bagi kami, sebuah koreksi merupakan suatu penghargaan sekaligus dorongan agar kelak menghasilkan buku yang benar-benar memenuhi harapan. Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung  dan ikut membantu dalam pelaksanaan penulisan buku ini hingga terbit. Terima kasih kepada kelompok tani ikan Setia maju desa Beji kecamatan Kedungbanteng Banyumas, khususnya Bp. Chaeruri dan Bp. Syarif Ismail atas kesempatan yang telah diberikan untuk mencari ilmu dan pengalaman budidaya ikan Gurame di Kelompok tani ikan tersebut. Khusus untuk Bp. Taufik Budhi Pramono dan Ibu Emmy, kami ucapkan terima asih atas jerih payahnya dalam upaya membantu penyelesaian buku ini. Semoga Allah SWT membalas kebaikan semua pihak yang telah membantu kami.  Harapan penulis semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan seluruh komunitas Gurame di tanah air. 

Ragha Anugerah Putra, dilahirkan di Kota Cirebon- Jawa Barat pada tanggal 31 Desember 1989. Dia merupakan anak pertama dari Bp Tatang K. Dia mulai mengikuti pendidikan formalnya dari TK Tadika Puri, SD Kartika 3-5, SMP Negeri 2 Cirebon, SMA Negeri 2 Cirebon, kemudian melanjutkannya di perguruan tinggi di Universitas Jenderal Soedirman-Purwokerto, Fakultas Sains dan Teknik, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Program Studi Ilmu Kelautan angkatan 2007, hingga sekarang masih terdaftar sebagai mahasiswa. Pengalaman Organisasi di mulai sejak SMA dengan mengikuti KIR menjabat sebagai Ketua. Pria yang hoby bersosialisasi ini melanjutkan organisasinya di tingkat Universitas dengan mengikuti UKM ternama seperti BEM, Fimsa, dan OA. Buku Pembenihan Ikan Gurame Berstandar Nasional Indonesia ini merupakan karya yang pertama.


Indra Warman Afriatma, lahir di Manado 18 November 1988. Sejak umur 2 tahun bertempat tinggal di Indramayu. Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Sains dan Teknik, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Program Studi Ilmu Kelautan. Awal tahun 2008 mulai aktif di Organisasi Lembaga Dakwah Kampus dan masuk kedalam kepanitiaan.


Ichwansyah Stayaka Widiasmaka lahir di Bekasi 20 Februari 1989. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Fakultas Sains Dan Teknik Jurusan Perikanan Dan Kelautan pada tahun ajaran 2006/2007. Sampai Saat ini ia masih terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Pada tahun 2008 – 2009 aktif  di BEM Jurusan Dan Kelautan Divisi Kemahasiswaan dan berkecimpung di Organisasi/UKM kampus lainnya.


Farid Ma’ruf, laki-laki yang satu ini lahir di Tangerang pada tanggal 4 Juli 1989 dan merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Fakultas Sains dan Teknik, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Program Studi Ilmu Kelautan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Buku Pembenihan Ikan Gurame ini merupakan salah satu karyanya yang pertama.

Yusuf  Sudrajad, lahir di Kebumen pada tanggal 29 Mei 1988. kemudian ia lanjutkan ke Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dengan mengambil Fakultas Sains dan Teknik Jurusan Perikanan dan Kelautan dengan Program Studi Ilmu Kelautan pada tahun ajaran 2006/2007.

Any Kurniawati, lahir di Purworejo pada tanggal 4 Februari 1989 Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dengan mengambil Fakultas Sains dan Teknik Jurusan Perikanan dan Kelautan Program Studi Ilmu Kelautan pada tahun ajaran 2006/2007. mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman dan aktif menekuni studinya agar cepat meraih gelar sarjana. Buku Pembenihan Ikan Gurame ini merupakan salah satu karyanya yang pertama.

 Durrotun Najiyah, lahirkan di kota Lamongan, 24 November 1989. Universitas Negeri di Purwokerto, Jurusan perikanan dan Kelautan, Universitas Jenderal Soedirman. Masuk Universitas Jenderal Soedirman pada tahun 2007 mengambil program studi ilmu kelautan. Selama masa perkuliahan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan magang yang berhubungan dengan jurusan perikanan.

Mardiyana, atau yang akrab dipanggil Yana ini lahir di Cilacap 27 Juni 1989. Putri dari Bp. Hasbudin ini merupakan anak ke 4 dari 5 bersaudara. Pertengahan tahun 2007 sampai sekarang ia terdaftar sebagai mahasiswa Perikanan dan Kelautan Universitas Jenderal Soedirman. Buku Pembenihan Ikan Gurame Berstandar Nasional Indonesia yang merupakan tulisan pertama mereka.

Ferra Usamah Janmar itu adalah nama lengkapnya yang lahir di Jakarta 5 April 1989. Yang lahir dari perut bunda Nunung Nurjanah yang merupakan anak ke 2 dari 5 bersaudara. Ia telah menempuh SD sampai SMA dan sekarang dia dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu di Universitas Negeri Jenderal Soedirman mengambil Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Sains dan Teknik.

Diana Permatasari, wanita hitam manis ini lahir di Cirebon pada tanggal 10 Juni 1988 dan merupakan anak terakhir dari lima bersaudara. Masa kecil hingga lulus SMA dia habiskan di kota kelahirannya. Dia hijrah ke Purwokerto untuk melanjutkan studinya di Fakultas Sains dan Teknik, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perikanan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. 

Taufik Budhi Pramono, lahir di jakarta 17 September 1975. Pendidikan sarjana penulis diawali masuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertania Bogor dengan bidang keahlian Budidaya Perairan melalui jalur PMDK pada tahun 1994. Saat ini sedang melanjutkan studi Magister Sains di IPB dengan bidang keahlian Biologi reproduksi. Sejak tahun 2002, penulis menjabat menjadi sebagai dosen tetap program studi Budidaya Perairan Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman. Pengalaman pengajar penulis antara lain, mata kuliah Budidaya Perairan Payau dan Laut, Budidaya Perairan Tawar, Budidaya Ikan Hias, Management Produksi Benih untuk program sarjana (S1). Sedangkan untuk program diplomat 3 yaitu pengembangan Aquacultur dan Budidaya Ikan. Berbagai karya ilmiah tentang perikanan sudah di publikasikandi beberapa jurnal ilmiah dan seminar nasional/internasional serta surat kabar baik lokal maupun nasional.


Untuk Pemesanan Buku 
HUB :
Ragha Anugerah Putra 
no HP :08996629080
e-mail : arjunalaut@yahoo.com
FB : Ragha Anugerah Vegha
alamat : Jln.Cipto M.K Gg. Nawita no 21
Rt/Rw 01-05 Kota Cirebon 45132

Komentar

Postingan Populer